Kamis, 08 Mei 2008

Ledakan Besar ( Big Bang)

Ledakan besar atau Big Bang adalah proses pembentukan alam semesta. Teori ini diungkapkan oleh Fred Hoyle, seorang astronom terkenal pada masa itu. Teori ledakan besar ini adalah pada masa lalu, alam semesta hanyalah sebuah ruang kecil dan sempit saja, namun pada 13.700 tahun yang lalu, terjadilah ledakan besar itu yang mengakibatkan melebarnya alam semesta sampai sekarang ini. Pada tahun 1929, astronom Amerika bernama Edwin Hubble meneliti dan menemukan bahwa alam semesta semakin melebar dan galaksi-galaksi saling berjauhan dengan kecepatan tinggi. Lawan dari BIg Bang adalah Big Crunch. Big crunch adalah proses dimana kembalinya alam semesta ke bentuk semula. Semua plant dan galaksi di dalamnya akan saling bertabrakan dan menimbulkan tabrakan besar. Inilah yang disebut kiamat. Akan tetapi, belum ada yang tahu kapan Big Crunch itu akan terjadi.Inilah gambarannya:
Alam semesta itu ibarat balon yang akan terus mengembang bila terus ditiup tapi ketika kulitnya sudah melemah, maka ia akan meletus atau kecil dan lemah kembali ke wujud asal. Alam semesta diperkirakan akan terus membesar sampai waktu yang tidak ditentukan dan akan kembali ke wujud asal dengan Big Crunch.

Jadi, pada zaman dahulu alam semesta hanyalah sebuah titik kecil saja. Namun, terjadilah tekanan yang sangat besar dari beberapa partikel seperti atom. Lalu alam semesta yang atdinya kecil itupun meledak dengan kekuatan yang sangat besar dan jadilah alam semesta yang masih terus berkembang seperti sekarang ini. Dan inilah gambar dari tori Big Crunch itu:

Alam semesta yang seperti balon itu suatu saat akan mengempis juga dan saat itu terjadi, semua galaksi-galaksi, planet-planet, dan bingtang-bintang pun akan bertabrakan dengan kecepatan yang amat luar biasa sehingga menyebabkan semua isi alam semesta itu bertabrakan hebat dengan kecepatan yang luar biasa sehingga terjadilah Big Crunch itu.

Tidak ada komentar: