Kamis, 08 Mei 2008

Supernova



Supernova adalah ledakan bintang di galaksi kita yang berdaya ledak sangat besar. Peristiwa supernova menandakan usia suatu bintang telah sampai batas akhirnya dan akhirnya pun meledak. Menurut data yang didapat dari www.wikipedia.org, supernova terbagi atas 3 jenis yaitu:




  • Supernova Tipe Ia:Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat pengamatan.


  • Supernova Tipe Ib/c:Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen ataupun Helium saat pengamatan.


  • Supernova Tipe II:Pada supernova ini, ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat pengamatan.


  • Hipernova:Supernova tipe ini melepaskan energi yang amat besar saat meledak. Energi ini jauh lebih besar dibandingkan energi saat supernova tipe yang lain terjadi.
Proses supernova yang pertama adalah pembengkakan dimana bintang menjadi membesar. Setelah kandungan nuklir di dalamnya terkikis habis karena bintang semakin membesar, akhirnya bintang pun sampai kepada tahap terakhir, yaitu peledakan. Tahap selanjutnya adalah peledakan dimana suhu bintang naik drastis mencapai 100 milyar derajat celcius dan kemudian meledak dengan daya ledak yang sangat besar. Puing-puing dari bintang itu pun melontar jauh ke angkasa. Dampak dari supernova itu diantaranya adalah menambah kehidupan di luar angkasa. Seringkali, puing-puing sisa ledakan bintang itu menjadi planet baru ataupun bintang baru. Ledakan supernova yang pernah ditemukan adalah supernova 1994D yang berada di tempat yang sangat jauh dari bumi. Supernova ini terjadi di bagian luar galaksi NGC 4526. Karena sinar yang dipancarkannya terlihat sampai beberapa minggu, maka supernova ini dogolongkan sebagai tipe Ia.Konon katanya, supernova inilah yang membuat black hole. Bintang yang meledak itu menyebabkan terbentuknya black hole karena daya ledaknya yang amatlah besar. Inilah gambaran dari supernova 1994D tadi:

Inilah gambaran dari supernova terbesar yang pernah diamati:

Tidak ada komentar: