Selasa, 06 Mei 2008

Pluto: Si Planet Katai


Pluto

Pluto adalah planet terkecil dalam tata surya kita atau disebut planet katai. Pluto dinobatkan sebagai planet sebelum tanggal 24 Agustus 2006, akan tetapi, setelah tanggal tersebut, pluto dinobatkan sebagai planet katai atau Dwarf Planet oleh Minor Planet Center (MPC) yang bertugas untuk mengawasi komet atau astroid di tata surya kita. Pada 7 September 2006, nama pluto diganti sebagai angka 134340. Diameter pluto mencapai 4.862 Kilometer yang akan terlihat sangat kecil bila dibandingkan dengan bumi.Inilah perbandingan antara pluto dan beberapa planet lainnya:



Terlihat sanagt jelas dari gambar diatas bahwa ukuran pluto sanagtlah kecil. Seperti planet lainnya di tata surya kita, nama pluto juga diambil dari nama seorang dewa. Hades atau Pluto adalah nama dewa kematian atau dewa neraka dalam mitologi Yunani.


Bentuk pluto kurang lebih mirip seperti bulan. Pluto memiliki 3 satelit yang bernama Charon, Nix, dan Hydra. Kala rotasi pluto adalah 6,39 hari dan kala revolusinya adalah 248,4 tahun. Jadi, satu hari di bumi sama dengan 6,39 hari di pluto dan satu tahun di bumi sama dengan 248,4 tahun di pluto. Suhu di permukaan pluto mencapai -233 derajat celcius! Itu semua terjadi karena jarak pluto yang sangat jauh dari matahari, pusat tata surya kita.

Tidak ada komentar: