Senin, 12 Mei 2008

Northern Lights dan Southern Lights yang Menakjubkan

Aurora yang Menakjubkan


Di malam yang gelap diatas garis lintang utara atau lintang selatan yang jauh, mungkin anda akan melihat cahaya-cahaya aneh dan sangat misterius. Tidak layaknya seperti cahaya mercusuar atau lampu sorot kota terdekat. Cahaya ini terlihat sangat dekat dengan anda sehingga anda dapat menyentuhnya. Cahaya ini dapat bervariasi warnanya, mulai dari putih, kehijauan, keunguan, bahkan kemerahan. Cahaya inilah yang disebut aurora, sesuai dengan nama dewa Romawi kuno saat subuh. Cahaya yang berada di sebelah utara biasa disebut Aurora Borealis atau Northern Lights dalan bahasa inggris. Sedangkan cahaya yang berada di bagian selatan disebut Aurora Australis atau Southern Lights dalam bahasa inggris. Cahaya ini sangat indah dan memukau hati para turis-turis yang melihatnya. Cahaya ini disebebkan oleh cahaya matahari yang terpantul es di kutub. Cahaya yang berbenturan dengan atom oksigen dan hidrogen di atmosfer bumi pada ketinggian yang berkisar antara 80 hingga 130 kilometer. Inilah gambar Aurora Borealis (Northern Lights) yang indah itu:
Gambar ini diambil dari Greenland, Denmark pada malam hari di atas es pada saat cahaya itu muncul. Dan inilah gambar dari Aurora Australis (Southern Lights) yang memukau hati itu:
Gambar ini diambil dari atas es di kutub selatan tempat munculnya cahaya itu. Aurora Borealis atau Northern Lights itu biasa muncul antara bulan September-Oktober dan Maret-April. Sedangkan Aurora Australis ( Sothern Lights) dapat ditemukan antara bulan Maret-September. Konon katanya, cahay-cahaya itu dapat membantu sinyal listrik saat kita berkomunikasi di sekitarnya. Aurora-Aurora itu hanya dapat dilihat dalam waktu 15-40 menit saja dan akan muncul kembali setelah 2-3 jam. Aurora-Aurora itu muncul di tempat-tempat yang mengandung daratan es yang cukup luas seperti di Finlandia dan Greenland, Denmark. Bagaimana, hati anda cukup terpukau dan ingin melihat langsung fenomena alam yang menakjubkan ini, bukan???

Tidak ada komentar: