Minggu, 18 Mei 2008

Abraham Lincoln


Abraham Lincoln adalah presiden Amerika Serikat yang ke-16 yang lahir pada 12 Februari 1809. Ia mulai menjabat sejak 4 Maret 1861. Ia dikenal sebagai orang yang mencetuskan pembebasan budak di Amerika Serikat pada 1 Januari 1863. Ia lahir di Kentucky . Ia hanya bersekolah selama 1 tahun, tetapi dalam waktu sesingkat itu ia sudah pandai membaca dan menulis. Ia juga sudah menjadi ahli hukum saat ia berusia 28 tahun. sejak muda ia sudah bekerja sangat berat. Ia pernah bekerja sebagai pembelah kayu, pembuat pagar, kepala kantor pos, sampai juru masak pun pernah ia coba. Pada tanggal 6 November 1860, Lincoln dilantik menjadi presiden Amerika yang ke-16. Sebelumnya, ia pernah terpilih sebagai Dewan Rakyat Illionis. Ia adalah Presiden Amerika yang mencetuskan pembebasan budak pada 1 Jnuari 1863, dan keputusan ini disambut baik oleh para budak. Presiden Lincoln ditembak (dibunuh) pada 14 April 1865 di teater Ford, Washington, Amerika Serikat. Pembunuhnya adalah John Wilkes Booth. Ia adalah seorang pemain sandiwara yang mengalami gangguan jiwa. Ia meninggal pada usia 56 tahun dan dimakamkan di Springfield , Amerika Serikat. Inilah potret sang pembunuh:




Dan inilah gambar senjata yang ia gunakan untuk membunuh Presiden Lincoln:

Senjata ini akhirnya disimpan di dalam museum untuk mengenang kekejaman sang pembunuh. Dan yang terakhir adalah gambar makam Lincoln yang berada di Springfield:

2 komentar:

Nisya mengatakan...

Mungkin kamu emang gak kenal aku krn aku dari kelas z lagi liat2 blog orang lain. kamu nulis banyak bngt yah...

kalo gak salah lincoln itu presiden yang dibunuh setelah 5 hari "civil war" selesai itukan di film national traseure 2! bener gak sih itu???

ThomasJPitts mengatakan...

Please remove your hotlink to the Lincoln image on my site.